Bentuk Fisik / Gambar Payudara

Payudara terdapat dalam berbagai ukuran tergantung ras dan gen. Setiap payudara terdiri dari beberapa bagian dinamakan lobus, yang terbagi lagi dalam bagian-bagian yang lebih kecil dinamakan lobules. Namun payudara terutama terdiri dari jaringan dan lemak, yang menentukan besar kecilnya payudara tersebut. Selain itu terdapat pembuluh darah, pembuluh limfa dan syaraf.

Lobulus ini adalah kelenjar yang menghasilkan susu pada ibu menyusui, yang diantarkan melalui saluran-saluran disebut ductus ke puting susu. Pada kanker payudara sel-sel menggandakan diri dengan cepat, membuat gumpalan dan akhirnya membentuk tumor. Kanker payudara paling umum adalah yang mulai di ductus lalu menyebar ke jaringan, dinamakan carcinoma ductus (95%). Bentuk lain adalah yang berawal di lobules dan menyebar ke jaringan sekelilingnya disebut carcinoma lobulus.


Semua perempuan dapat menderita kanker payudara, apalagi memiliki factor risiko. Menurut Dr.Judith Reichman sembilan dari 10 perempuan penderita kanker payudara ternyata tidak mempunyai keluarga yang sakit. Diketahui beberapa cara untuk mendeteksi dini kanker payudara seperti tertera di bawah ini.
Tulisan yang akan datang: Deteksi Kanker Payudara


Sumber: Menurunkan Risiko Kanker Payudara (Sonja Roesma).

No comments:

Post a Comment